Tips Mempersiapkan dan Memulai Bisnis Bagi Pemula

Pada kebanyakan orang memulai bisnis adalah langkah awal yang begitu rumit. Begitu banyak pertimbangan di sana sini yang akhirnya tidak sedikit orang membatalkan niat untuk berbisnis. Seharusnya langkah awal dalam berbisnis bukanlah sumber ketakutan bagi setiap orang. Persiapan bisnis yang matang akan sangat membantu kita menjalaninya dengan sikap optimis.

Seminar Gerald Abraham, seorang penasehat bisnis di sebuah firma hukum, pemilik dan direktur konsultan keuangan di tahun 2006, menyajikan 9 aspek penting sebelum memulai suatu usaha.

1. Memahami konsep produk atau jasa secara baik
Hal terpenting yang perlu kita ketahui sebelum berbisnis adalah pemahaman konsep produk atau jasa yang akan kita pakai. Yang perlu kita pahami bukan teknis produksi saja tetapi juga pasar dan prospek dimulai dari lingkungan terkecil hingga lingkungan terbesar. Topik ini akan membahas secara menyeluruh aspek-aspek penting dalam menganalisa kelayakan dan prospek produk termasuk produk yang benar-benar baru dilihat dari sisi human behavior ataupun kebutuhan pasar.

2. Membuat visi dan misi bisnis
Visi dan misi adalah panduan seseorang agar tetap fokus pada tujuan bisnis dan organisasi yang sudah direncanakan sejak awal. Usaha sering sekali mengalami kegagalan di tahap berikutnya karena pengorganisasiannya tidak difokuskan pada peningkatan kemajuan bisnis awal melainkan kebanyakan mencoba mengembangkan bidang usaha baru lainnya . Nah, kita akan mempelajari caranya membuat visi dan misi yang berkaitan dengan latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang bakal dirintis.

3. Winning, positive dan learning attitude
Selain pemahaman, sikap mental merupakan kunci keberhasilan bisnis kamu. There is no over night success, istilah yang wajib dicamkan oleh setiap calon “entrepreneur”. Perlu waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar kesinambungan, dan positif dalam melihat permasalahan yang akan membantu kamu agar tidak patah semangat sebaliknya cermat melihat setiap peluang dan belajar dari setiap kegagalan. Kamu perlu mengembangkan sikap-sikap tersebut untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang sukses.

4. Perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari risiko bisnis dan keuangan
Secara statistik hampir semua bisnis kecil dan menengah mengalami kegagalan karena tidak ada ataupun kurang efektifnya perencanaan bisnis yang dibuat. Asumsi dalam perencanaan mengenai kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya serta aspek lainnya harus secara akurat menggambarkan realitas pasar atau praktek dalam suatu industri. Pembuatan sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus tepat agar setiap calon pengusaha dapat dibantu menghitung kebutuhan modal investasi dan modal kerja juga struktur biaya persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia serta komponen pendapatan usaha seperti pendapatan inti dan tambahan. Pemahaman ini juga akan sangat membantu calon pengusaha mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan serta menyiapkan langkah-langkah pengendalian agar menghindari resiko tersebut.

5. Pengetahuan dasar manajemen, organisasi dan sistem
Manajemen yang baik dibutuhkan agar proses pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan berlangsung baik bahkan pada usaha terkecil sekalipun. Buruknya sistem manajemen menyebabkan adanya biaya yang tidak perlu seperti terbuangnya bahan baku, pekerja tidak produktif karena ketidakefektifan dalam pengawasan dan deskripsi pekerjaan, ketidakefektifan koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang mengakibatkan banyak keputusan terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif menyebabkan keluar-masuknya banyak pegawai sehingga membuang banyak waktu dan biaya, rendahnya produktivitas pegawai karena pelatihan kurang baik.

6. Optimalisasi sumber daya manusia
Sumber Daya Manusia adalah salah satu kunci penting kesuksesan usaha. Dalam memulai usaha, merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik guna menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistem dalam jangka waktu pendek. Mendapatkan SDM yang tepat berarti kita sudah setengah sukses. Kita perlu memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai kebutuhan usaha, manajemen Sumber Daya Manusia yakni sistem penilaian kinerja pegawai.

7. Kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusan
Ketika memulai usaha kebanyakan calon entrepreneur mengalami banyak permasalahan dan krisis karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan membuat keputusan yang tepat dalam mencari solusi. Kemampuan menganalisa permasalahan di luar pemahaman yang ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu keberhasilan, juga membantu menyesuaikan produk-produk kamu agar diterima pasar dan melihat berbagai peluang dalam membangun usaha. Saat krisis, kepemimpinan sangatlah penting dalam membuat setiap pegawai maupun semua orang yang terlibat meliat bahwa kamu tidak panik, menjadi tempat solusi atas semua permasalahan dan menjadi panutan. Proses Pembuatan Keputusan akan berguna dalam mencari alternatif solusi dan pilihan yang terbaik untuk usaha kamu.

8. Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan
Aspek ini sangat penting dalam mengembangkan usaha. Kebanyakan produksi terganggu karena mengelola uang dengan tidak baik seperti kekurangan dana pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya. Perlunya pengetahuan dasar cash flow atau arus kas, biaya pendanaan, biaya modal kerja dan investasi, struktur modal, aset perusahaan, dan penyertaan modal.

9. Pemasaran, pelayanan dan product brand
Ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa adalah pemasaran. Tanpa pemasaran yang baik, peningkatan penjualan dan keuntungan usaha sulit dicapai meskipun produk atau jasa kamu cukup baik. Juga, tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan, suatu usaha akan sulit memperoleh pelanggan yang loyal. Dengan pelanggan yang loyal, pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik bakal menciptakan product brand yang baik pula kepada calon pelanggan. Penting sekali membuat strategi pemasaran, identifikasi pelayanan yang diperlukan pembeli dan caranya menciptakan product brand serta efeknya pada keberhasilan usaha.

Pencarian:

  • sumber daya manusia
  • pengetahuan dasar bisnis
  • bisnis bagi pemula
  • ASPEK-ASPEK MANAJEMEN WAKTU
  • langkah-langkah dasar menyiapkan usaha
  • aspek aspek manajemen waktu
  • aspek manajemen waktu
  • membuat mempersiapkan Dan memulai bisnis baru
  • kiat usaha sepatu bagi pemula
  • tahapan bisnis restoran bagi pemula
  • aspek-aspek usaha pemula
  • proses produksi dan pengelolaan keuangan
  • tips bisnis bagi pemula
  • mempersiapkan usaha toko baru
  • tahap tahap memulai usaha sepatu rumahan

Artikel Pilihan Lainnya:

Tips Manajemen Waktu
Punya usaha tapi tak kaya. Tanya kenapa?
Tips Membangun Usaha Makanan & Restoran

Leave a Reply

Copyright © 2011 Rahasia Diva · All rights reserved · Designed by Theme Junkie
Powered by WordPress